Sosialisasi Pengelolaan Jurnal Berbasis OJS (Open Journal System)

Sosialisasi Pengelolaan Jurnal Berbasis OJS (Open Journal System)

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Wiralodra (LPPM UNWIR) adalah organ yang bertanggung jawab atas pengelolaan dan peningkatan riset dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika Universitas Wiralodra (UNWIR).  Salah satu indikator penunjang kinerja riset yang terus ditingkatkan oleh LPPM UNWIR adalah jurnal ilmiah. Saat ini tercatat ada 14 jurnal ilmiah yang terbit di UNWIR.  LPPM UNWIR terus berupaya agar jurnal yang ada di UNWIR mampu meraih akareditasi dari Ristekdikti dan terindeks di database internasional.

Sebagai akreditor nasional, DIKTI dan LIPI telah menyepakati adanya satu instrumen akreditasi jurnal ilmiah yaitu mulai tahun 2016 jurnal ilmiah yang berhak mengikuti seleksi akreditasi hanyalah jurnal dengan pengelolaan berbasis elektronik (e-journal). Ada banyak sistem untuk mengelola jurnal elektronik namun satu yang dianjurkan oleh DIKTI dan Google Scholar adalah sistem jurnal terbuka (open journal system/OJS). OJS adalah sistem pengelolaan jurnal non lisensi dan dikembangkan sendiri oleh komunitas pengelola jurnal di seluruh dunia

Sebagai upaya peningkatan kualitas pengelolaan jurnal di lingkungan UNWIR,  LPPM UNWIR akan mengadakan sosialisasi dan pelatihan bertajuk “Sosialisasi Pengelolaan Jurnal dan Pelatihan Penggunaan OJS” untuk menyiapkan jurnal-jurnal terbitan UNWIR dalam menghadapi akreditasi nasional dan selanjutnya terindeks dalam database internasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *