SEJARAH

Mengenal Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Wiralodra

Berdirinya LPPM Unwir diawali dari terbentuknya Pusat Penelitian yang berubah menjadi Lembaga Penelitian berdasarkan Surat Keputusan Rektor No.97A/1994  tanggal 05 September 1994 tentang Peningkatan Status Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian kepada Masyarakat Unwir Indramayu menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM). Keberadaan dan peran Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat menjadi urgen dalam rangka pengembangan dan implementasi hasil pendidikan, dan penelitian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya serta pelaksanaan pembangunan Nasional.

Lembaga ini awalnya masih sederhana dibawah naungan Pembantu Rektor (Wakil Rektor) Satu, dan baru pada tahun 1994 menjadi lembaga yang mandiri dengan struktur organisasi Kepala Lembaga dibantu oleh Sekretaris Lembaga, dan 2 orang Kepala Pusat yakni Pusat Penelitian dan Pusat Pengabdian Masyarakat.

Pada tahun 1990, lembaga yang dipimpin oleh Drs, Aan Juhana Sanjaya, baru berupa organisasi yang tugasnya menjalankan sebagian tugas Pembantu Rektor I dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat sampai tahun 1993. Selanjutnya mulai tahun 1994 dikembangkan menjadi Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dipimpin oleh Zaedi, M.Ag sampai tahun 2009. Yang selanjutnya dipimpin oleh pejabat sementara Drs, Suwardi. M.Pd selama enam bulan dan selanjutnya  Dr. H. Juri Juswadi, Ir., M.P menjabat Ketua LPPM selama enam bulan.

Pada tahun 2010 LPPM dipimpin oleh Ir. Entus Hikmana, M.P sampai tahun 2014 dan tahun 2015-2016 dilanjutkan oleh Dr. H. Dudung Indra Ariska, S.H., M.H, dan tahun 2016 sampai dengan sekarang Ketua LPPM Unwir dipimpin oleh Ir. Yudhi Mahmud, M.P.